Profil

Let's make Cacio e Pepe !

Kenapa saya mau tulis tentang pasta? Jujur dulu saya amat tidak suka dengan pasta. Tapi, sejak mendekati waktu sidang kelulusan kuliah dulu, secara perlahan-lahan saya berubah menjadi omnivora sesungguhnya. Segala macam makanan di depan saya akan saya lahap. Termasuk species pasta, kalo versi lebih murah bagi anak kosan tentu saja indomie atau mie ayam. 


Image by www.google.com


Cacio e Pepe is one of the simple pasta that you can make at least 15 minutes (tidak termasuk waktu belanja). Waktu saya mempraktikan cara membuatnya di dapur Ibu Budi dan menggunakan pasta spaghetti.

Bahan-bahan :
  • Garam secukupnya
  • Pasta spaghetti 100-150 gram
  • Unsalted butter 2-3 sdm
  • Black pepper 1 sdt
  • Parmesan Cheese 5 sdm
  • Pecorino / Basil 2sdm
Cara membuat :
  1. Siapkan seluruh bahan yang dibutuhkan
  2. Rebus pasta nya, 2-3 menit, kasih garam secukupnya, jangan sampai matang di panci ya, soalnya nanti bisa ngembang di piring, dan ga bisa al dente (kalo kata juri di masterchef)
  3. Sambil nunggu rebus pasta, kita cairin butter nya 1 sdm, pake api sedang aja, tambahkan black pepper secukupnya. 
  4. Kalu sudah mencair dan harum (kibas pakai tangan ke arah muka kita), masukkan pasta, tambahkan sedikit air rebusan pasta (1-2sdm), kecilkan api, lalu masukkan Pecorini ( atau daun basil aja yang lebih common dan banyak ditemukan di Carrefour) dan keju Parmesan secukupnya. Kalau menurut saya pribadi tambahin sekitar 1/2 sdm atau 2 cubit parutan keju apel agar lebih harum.
  5. Setelah 1-2 menit, tiriskan, selesai deh!
Sekian resep dari saya, simple dan kenapa saya banyak menggunakan kata "secukupnya"? karena selera dan tangan tiap orang berbeda. So, let your hands do the magical things!

2 comments:

  1. "Termasuk species pasta, kalo versi lebih murah bagi anak kosan tentu saja indomie atau mie ayam." --> kocak dah tan hahahahaha

    ReplyDelete
  2. kan iya sa, pengalam sebagai anak kosan jangan sampai dilupakan dong

    ReplyDelete